ABOCK BUSUP MENINGGAL DI JAKARTA, MASYARAKAT KIMYAL MENYERANG JEMAAT EVANSHIA GEREJA GIDI DEKAI SAAT IBADAH MINGGU.

Potret Kerusuhan di Yahukimo.

SUARA PEDULI: Pada hari minggu tepatnya Tanggal 03 Oktober 2021 sekitaran pukul 12.10 wit , telah terjadi Penyerangan terhadap masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah minggu di dalam Gereja Gidi Jemaat Evanhasia Dekai Kab. Yahukimo.

Penyerangan tersebut di lakukan oleh sekelompok masyarakat dari suku Kimyal, masyarakat Kimyal melakukan penyerangan tersebut dengan menggunakan Alat tradisional berupa panah dan parang serta alat tajam lainnya, dimana pada saat itu masyarakat sedang beribadah di dalam gereja GIDI dan kemudian langsung di serang oleh selempok orang dari suku kimiyal tersebut, dan juga pada aksi tersebut sekelompok masyarakat kimiyal juga membakar rumah warga dan juga Hotel Nuri II milik atas nama saudara ONES PAHABOL Mantan Bupati Jahukimo 2 Periode, dan kompleks perumahan bambu dua dekai kab. Yahukimo.

Diduga kuat penyebab masyarakat kimiyal melakukan penyerangan dikarenakan kejadian meninggalnya mantan Bupati alm. ABOCK BUSUP.MA,.di jakarta.

Sementara Para Korban dibawa ke Rumah sakit untuk diberikan pengobatan bagi yang masih hidup dan sementara belum mengetahui pasti jumlah korban yang meninggal dunia.

Patroli sekitar kota Dekai Yahukimo terus ditingkatkan oleh aparat keamanan TNI dan Polri. Selain mengumpulkan saksi dan memeriksa saksi-saksi. Dan juga melakukan penyelidikan kepada para pelaku penyerangan.

adapun Korban- korban yang telah terindentifikasi adalah sebagai berikut, Menurut laporan Kasat Reskrim Yahukimo;
1. BRIPDA IMRAN IDRUS , laki-laki, 23 tahun (terkena senjata tajam di bagian kaki)
2. YASER YAHULI, laki-laki. (MD) pekerjaan ( LSM YASUMAT)
3. ELISA BALINGGA, (MD)
4. KINAMI KOBAK, laki-laki, umur 31 tahun
5. DARIUS KOBAK, laki-laki, umur 41 tahun
6. YUSUP MOLAMA, laki-laki, umur 50 tahun
7. SELINA SOBOLIM, perempuan, umur 30 tahun
8. FOSEA PAHABOL, laki-laki, 56 tahun
9. ALEX SOBOLIM, laki-laki, 31 tahun
10. YEIK KOBAK, laki-laki, 46 thn
11. TIUS BALINGGA, laki-laki, 43 tahun
12. MAUS BAYAGE, laki-laki, 51 tahun
13. HENGKI MOHI, laki-laki, 55 tahun.

Dan Sampai berita ini diturunkan belum mengetahui kronologis kejadian atau penjelasan atas meninggalnya Almh. Abock Busuf, M.A. Mantan Bupati Yahukimo dan juga Sebagai Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) provinsi Papua di Jakarta tersebut. Karena dugaan Kuat sementara kerusuhan ini terjadi akibat kematian Pak Abock Busuf di Jakarta.

Editor : N.Y.

suaraped

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *