TOKOH PEMUDA PAPUA WILAYAH ADAT LAPAGO DAN MEPAGO MENOLAK PERMINTAAN PEJABAT GUBERNUR PAPUA DAN SIAP MEMBEKAP GUBERNUR LUKAS ENEMBE.

GUBERNUR PAPUA AKTIF LUKAS ENEMBE, SIP. MH.

SUARA PEDULI: PAPUA; Berbagai Tokoh Pemuda Papua menanggapi pemberitaan yang memberitakan pergantian Gubernur Papua Yang disampaikan oleh Forum Peduli Kemanusiaan dan Tokoh Adat Papua yang mendesak pemerintah pusat segera menunjuk pejabat Gubernur di provinsi Papua selambat-lambatnya hingga akhir maret tahun 2022. Sebagaimana penyataan sikap yang dibacakan ketua peradilan adat suku Sentani Kabupaten Jayapura oleh Jakob Fiobetauw saat siaran pers di Abepura selasa (4/1/2022) yang di muat dalam Media online https://.papua. tribunnews.com

Pemberitaan tersebut diatas mendapatkan banyak reaksi dan tanggapan dari Tokoh-Tokoh Pemuda papua dari berbagai wilayah adat. Tokoh pemuda wilayah adat Lapogo dan Mepago menolak keras usulan yang disampaikan oleh Jakob Fiobetauw tersebut. Karena Gubernur Papua mempunyai masa bakti sampai dengan tahun 2023 dan Gubernur papua dipilih langsung oleh rakyat papua.

Salah satau Tokoh Adat Suku Dani, Damal dan Nduga Kabupaten Nabire (Lapago) Yus Baminggen, S.Sos, M. Si menyatakan pihaknya siap Membela Lukas Enembe, SIP, MH. Dan senada dengan itu Yunius Tabuni, SH. M, Ap sebagai Tokoh Pemuda Lapago menyampaikan bahwa jika ada yang berkeinginan untuk menjadi Gubernur papua diharapkan menahan diri sampai dengan tahun 2024 karena saat ini Lukas Enembe Masih aktif sebagai Gubernur Papua dan beliau adalah salah satu Tokoh Besar dan tokoh Terbaik Papua.

Melihat pernyataan ini tidak mewakili rakyat papua yang ada tersebar di 29 Kabupaten Kota dan 5 wilayah Adat di Provinsi Papua. Dan pernyataan ini dinilai akan memicu konflik antara sesama orang papua sehingga setiap masyarakat papua diharapkan bisa mengkonsumsi berita dengan akal sehat agar tidak salah dalam menafsirkan setiap pemberitaan.

Dan oknum-oknum yang mempolitisir atas kesehatan gubernur papua dengan kepentingan kekuasaan agar bersabar sampai dengan tahun 2024, agar disanah bisa wujudkan ambisi-ambisi kekuasaan itu apabila rakyat papua memberikan kepercayaan untuk kalian berkuasa. Tetapi untuk saat ini Gubernur Papua adalah Lukas Enembe, S.IP.M.H., dan beliau masih aktif sebagai Gubernur sampai dengan 2023.

Dan pemberitaan yang dimuat media Tribun News oleh Jakob Fiobetauw itu bukan mewakili suara rakyat papua tetapi itu hanya mewakili kelompoknya kecilnya sendiri.

Editor: N. Y.

suaraped

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer