Masyarakat Distrik Kalome Barapen Dalam Rangka Mencari Dana Penyelesaian Masalah Perang.

Acara Barapen Di Distrik Kalome Kabupaten Puncak Jaya.

Puncak Jaya : Pada hari Rabu  24 Maret 2021 Masyarakat Lanny Distrik Kalome Kabupaten Puncak Jaya mengadakan acara Bakar Batu dalam rangka pengumpulan Dana untuk penyelesaian Masalah  Perang suku dalam rangka pergantian kepala Kampung yang terjadi beberapa tahun lalu.

 

sesuai dengan adat suku Dani di Papua perang terjadi antara kelompok masyarakat atau yang dikenal dengan perang suku maka harus dilakukan perdamaian secara resmi dengan membayar Kepala Para korban perang agar tidak ada dendam lagi antara sesama kelompok masyarakat yang sebelumnya berperang.

 

Untuk itu dalam rangka mencari dana sumbangan dari keluarga bahkan tetangga dan kenalan mereka maka harus mengadakan acara bakar batu.

 

selanjutnya apabila dana sudah terkumpul maka nantinya akan dilakukan pembayaran kepala secara adat dalam bahasa lanni disebut dengan “Yewam”. Dan sementara masyarakat masih melakukan pengumpulan dana , masyarakat distrik kalome mengharapkan tidak ada lagi yang membuat gerakan tambahan tentang masalah kampung harapnya.  Karena sebagaimana mereka ada banting tulang mencari dana dalam rangka penyelesaian masalah tersebut ungkapnya melalui pesan yang diterima media suara peduli.

 

Editor : Mitha.

 

suaraped

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *