STOP INTIMIDASI TERHADAP ORANG ASLI PAPUA.

YAWEN F.WENDA. 

SUARA PEDULI: Sebagai orang asli papua sesungguhnya harus dihargai sebagai pemilik serta penjaga tanah air papua dalam melaksanakan kegiatan PON papua 2021 berlangsung. 

Pemerintah sebagai penyelengrah PON dimana? Apa tujuan PON diselenggarakan di papua? . 

I. Tidak ada keadilan

Sungguh keadilan pun tidak berlaku bagi orang asli papua, dari perekrutan relawan, hingga tempat dimana harus orang asli papua, berdagang dirampas, intimidasi terhadap orang papua juga kerap terjadi menjelang pembukaan ajang 4 tahunan ini,. Diwarnai dengan pengusiran mama mama Papua yang berjualan dipinggir jalan karena tidak mendapat tempat yang layak untuk menjual hasil kerajinan tangan, Kampung harapan 02/10/2021. Serta pembatasan mengunakan atribut bintang fajar, sebagai indentitas orang asli papua. 

Aparat keamanan yang ditugaskan untuk mengamankan angenda PON oleh negara, tidak boleh bertindak sewenang-wenangnya, melakukan pengusiran mama mama papua. Yang mencari nafkah untuk keluarganya, keamanan ditugaskan hanya untuk mengawasi berjalannya pertandingan dan memberikan rasa nyaman terhadap kontingen PON. Serta tidak berhak melarang warga masyarakat papua menggunakan atribut bintang fajar, sebagai bentuk pengakuan indentitas diri orang asli papua. 

II. Intimidasi terhadap orang asli papua. 

Sebuah tindakan yang nyata terlihat dari beberapa pembatasan. Oleh panitia pelaksana PON papua 2021, Trio papua, dilarang tampil menggunakan nama Trio Papua. kampung harapan 01/10/2021, Team dayung papua yang dilarang menggunakan kaos kebanggaannya di ajang PON papua ini. 

Sesungguhnya ini semua adalah kriminalisasi terhadap orang papua yang nyata. 

 

pemerintah sebagai penyelenggara segerah pertanggung jawabakan semua yang terjadi diatas, dan memberikan ruang bagi orang asli papua, menjalani kehidupan yang selayaknya sebagai pemilik dan penjaga tanah air ini. 

 

Aparat keamanan TNI/POLRI stop melakukan intervensi ke orang papua yang mencari uang untuk menafkahi keluarga. Serta membiarkan orang papua menjalani kehidupan diatas tanah air sesuai dengan keinginan orang papua sendiri. 

 

Oleh : Yathius Fredly Wenda

Mahasiswa papua

Rembally .jayapura .papua

suaraped

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *