TINGGINAMBUT DALAM SEKEJAP MATA.

Foto : Distrik Tingginambut Kabupaten Puncak Jaya.

PUNCAK JAYA : Salah Satu Pemandangan Distrik/ Kecamatan di kabupaten Puncak jaya yang selama ini dikenal dengan daerah rawan konflik dan masuk dalam zona merah.

Tepatnya Kecamatan atau distrik Tingginambut kabupaten puncak jaya, Nama distrik di daerah terpencil Papua ini sudah dikenal oleh seluruh Masyarakat Indonesia bahkan Dunia dikarenakan karena konflik berpanjangan antara TNI-Polri Indonesia dan Tentara Prmbebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB) yang dipimpinan oleh Jenderal Goliat Tabuni yang berjuang untuk kemerdekaan Papua barat dari Negara kesatuan Republik Indonesia.

Wilayah Puncak Jaya Distrik Tingginambut merupakan wilayah mereh atau Zona Merah yang selama ini kita kenal. Namun Tampaknya perlahan demi perputaran waktu isu konflik itu meredah dan wilayah tersebut mulai menjadi kondusif serta aktivitas masyarakat berjalan normal seperti biasanya.

Terlihat jelas Bawa Bangunan Di distrik Tingginambut Mulai banyak dan aktivitas masyarakat sebagai tani berjalan dengan baik. adapula Polsek dan Koramil serta juga pos Penjagaan dari Satuan Brimob serta Pos TNI berdiri disanah demi mewujudkan kenyamanan masyarakat tingginambut.
PLTA TINGGINAMBUT

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Tingginambut.

Distrik Tingginambut termasuk distrik di kabupaten puncak jaya yang memiliki Listrik dari tenaga air (PLTA) . Masyarakat tingginambut bisa dikatakan hidup dengan tenang paskah mulai kondusifnya konflik bersenjata antara TNI-Polri dan TPN-PB. Tingginambut juga sudah bisa dikatakan daerah aman dan Ramai akan aktivitas masyarakat setempat. Karena distik tingginambut sendiri terletak ditengah-tengah jalan Trans Papua yang menghubungkan Mulia Ibukota Puncak Jaya dan Kabupaten Tolikara sampai Kabupaten Jayawijaya Wamena.

Tingginambut dalam sekejap mata dipandang sepertinya daerahnya ini biasa saja bagi pendatang baru namun sesungguhnya daerah ini memiliki pasang surut yang begitu luar biasa dalam perkembangannya dari waktu ke waktu.

Editor: Mitha

suaraped

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *